Rabu, 28 September 2011

Perbincangan Kecil

MENYOAL ENDOMETRIOSIS

Beberapa waktu lalu saya ketemu dengan seorang teman lama. Kami berbincang tentang berbagai macam hal, sebelum kemudian sampai pada topik yang bernama 'endometriosis'.

Tanpa kuminta, ia kemudian bercerita panjang-lebar tentang pengalaman pribadinya tentang bawaan menyebalkan yang satu itu. Aku sendiri sempat kaget. Aku sama sekali tidak menyangka bahwa ia yang selama ini kuanggap sebagai perempuan yang 'baik-baik' saja itu ternyata mengidap salah satu kelainan yang pada dasarnya menjadi kelainan banyak perempuan usia subur di muka bumi ini plus berbagai macam ekses yang ditimbulkannya.

Maka kamipun berbincang tentang kelainan hormonal tersebut. Perbincangan lebih fokus pada bagaimana membuat banyak orang lebih mengenal bawaan tersebut dan mampu melakukan tindakan-tindakan minimal yang mampu menekan berbagai macam ekses yang ditimbulkannya. Karena, konon, bawaan tersebut telah membuat tidak sedikit perempuan di berbagai belahan bumi diperlakukan secara tidak adil bahkan kejam tanpa sempat melakukan pembelaan.

Perbincangan sempat mentok pada tidak cukup adanya sumberdaya yang memungkinkan kami bisa melakukan tindakan seminimal apapun. Termasuk di dalamnya adalah bagaimana membuat blog ini bisa lebih manfaat bagi siapapun yang membacanya.

Adakah sampeyan memiliki gagasan yang bisa membantu kami (dan tentu saja perempuan pengidap kelainan hormonal itu di manapun mereka berada)?

Tidak ada komentar: